-->

Cara Menggunakan Microsoft Excel Untuk Pemula

Cara menggunakan microsoft excel untuk pemula - Microsoft Excel merupakan program pengolahan lembar kerja yang banyak memiliki kegunaan.

Dengan menjalankan dan mempelajari microsoft excel,  maka kita dapat menggunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk membuat data-data sederhana maupun yang komplek.

Kita juga dapat melakukan perhitungan, memproyeksi, menganalisa berbagai macam data dengan cepat yaitu dengan memanfaatkan formula, rumus dan fungsi yang terdapat pada Microsoft Excel.

Untuk itu ada baiknya mempelajari Microsoft Excel mulai dari sekarang, baik itu dasa-dasar yang perlu diketahui sampai dengan cara menggunakannya untuk keperluan akuntasi.

Langkah awal yang dapat dilakukan untuk mempelajari dan menggunakan Microsoft Excel untuk pemula yaitu cara nya cukup mudah.

Berikut ini beberapa cara awal yang bisa kamu ikuti.

Cara Menggunakan Microsoft Excel Untuk Pemula

cara menggunakan microsoft excel untuk pemula


Microsoft Excel ada banyak versi sesuai dengan versi Windows yang di install di computer atau laptop. Versi yang cukup terkenal dan sampai saat ini banyak digunakan yaitu.

  • Microsoft Excel 2003
  • Microsoft Excel 2007
  • Microsoft Excel 2008
  • Microsoft Excel 2010

Versi-versi diatas merupakan perkembangan dari versi sebelumnya dan kemungkinan kedapannya akan terus diperbaharui.

Pembaharuan tersebut memiliki tujuan untuk memperbaiki pada versi sebelumnya dan melengkapi kekuranganya.

Langsung saja ya, mari kita jalankan lembar keja Microsoft Excel.

Menjalankan  Microsoft Excel


Untuk membuka program Microsoft Excel, caranya cukup mudah. Yaitu langkah awal yang harus dilakukan adalah menyalakan laptop atau computer, kemudian ikuti langkah-lankah berikut ini.

Pada contoh di bawah ini adalah dengan menggunakan windows 10, sebenarnya penarapan ke versi Microsoft Office lainnya hampir sama saja.

  1. Klik tombol start pada windows taskbar
  2. Cari program Microsoft Office dengan mengeser kursor mause ke bawah
  3. Klik Microsoft Office
  4. Pilih Microsoft Excel 2010
  5. Selanjutnya lembar kerja Microsoft Excel akan terbuka

Lembar Kerja Dalam Microsoft Excel


Jika lembar kerja pada program Microsoft Excel sudah terbuka, maka sudah bisa menggunakan untuk memulai membuat dokumen.

Lembar kerja dalam microsoft excel disebut dengan worksheet yang didalamnya terdiri dari column, cell, baris, dll. 

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai worksheet dapat di simak di tulisan Lembar Kerja Dalam Microsoft Excel dan Cara Kerjanya.

Cell tersebut berbentuk garis kotak-kota, tapi juga dapat diatur polos layaknya tampilan Microsoft Office Word meskipun tidak sama persis.

Di lembar kerja tersebut dapat digunakan untuk membuat data-data sederhana sampai dengan yang komplek.

Penggunaan Microsoft Excel  pada umumnya digunakan untuk keperluan akunting, membuat daftar, membuat jadwal kerja, membuat daftar piket, mengkelompokan data-data tertentu dan masih banyak lagi keguanaannya.

Memasukkan Text dan Angka di Microsoft Excel


Jika lembar kerja sudah terbuka, maka langkah berikutnya yaitu dapat memasukkan angka dan text kedalam lembar kerja excel.

Memasukkan kata-kata dan angka pada lembar kerja Excel cukup mudah yaitu teman-teman memilih cell yang diinginkan kemudian memasukan kata atau angka yang diingikan.

Sebagai contoh dan langka awal memuali membuat data pada MS Excel yaitu kita akan membuat daftar harga peralatan tulis atau ATK.

Kamu bisa memasukkan beberapa kata yang ada ditabel berikut ini.

No Nama ATK Harga Per Pak Keterangan
1 Buku Tulis   Sinar Dunia 32 20500 1 karton= 40   pak
2 Buku Gambar A4 20000 1 karton=20 pak
3 Ballpoint   Greebel 127500 1 pak= 12 dus
4 Alat Staples   Max 119500 1 pak= 10 biji
5 Pensil 2B   Faber Castell 222000 1 pak= 6 dus
6 Spidol Snowman   Kecil 125500 1 pak= 12 iket



Berikut ini adalah gambar dari data yang barusan dibuat.

contoh membuat data pemula


Mudah bukan cara memulai menggunakan dan memulai membuat data dengan menggunakan MS Excel baik itu untuk pemula sekalipun.

Selanjutnya kamu dapat langsung praktek dengan membuat data lainya seperti membuat daftar harga mobil, harga sembako atau daftar lainnya.

Demikian penjelasan singkat untuk Cara Menggunakan Microsoft Excel Untuk Pemula. Semoga informas yang disampaikan di sini bermanfaat, dan silahkan share ke orang lain yang ingin mendalami MS Excel.

Related Posts